Tips Mengikuti Event Internasional

Haii Sobat, disini saya ingin sharing pengalaman mengikuti Event Internasional yaitu Asean Youth Leader Excursion 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 18 - 20 Maret 2018 di Malaysia dan Singapura. Walaupun hanya 3 hari tetapi sangat memberikan banyak ilmu dan banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan.

Dimulai dari saya mencari info event-event internasional yang akan diselenggarakan di bulan-bulan yang akan datang agar saya dapat mencari dana terlebih dahulu melalui pengajuan proposal. Singkat cerita saya sudah mendaftar di salah satu program Internasional Asean Youth Leader Excursion yang diselenggarakan oleh Edutour Studec Internastional dan Saya bersyukur bisa lolos dalam tahap verifikasi berkas. Mengenai syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi, saya tidak akan ceritakan dalam tulisan kali ini hehe, karena dalam setiap program biasanya berbeda-beda mengenai syarat apa saja yang harus dipenuhi misalnya tergantung bentuk programnya. Ada 3 bentuk program dalam event Internasional dalam pembiayaanya yaitu Fully Funded, Partially Funded, dan Self Funded. Fully funded merupakan pembiayaan penuh dari pihak yang menyelenggarakan program tersebut bagi peserta yang telah lolos verifikasi berkas dan wawancara, Partially funded adalah program pembiayaan sebagian dari pihak penyelenggara dan sebagian dari peserta, sedangkan self funded merupakan pembiayaan full dari peserta. Program yang saya ikuti kebetulan self funded nih guys, hehe :D

Nah, karena programnya self funded tetapi saya sangat bersemangat dan yakin kalau saya pasti bisa mengikuti acara itu, maka saya mencoba mengajukan proposal pengajuan dana ke kampus saya Institut Pertanian Bogor. Banyak yang menganggap bahwa saya tidak akan mendapatkan support dana dari kampus tetapi saya tetap berusaha dengan selalu follow up dan mengurus surat-surat atau keperluan yang harus dipenuhi. Sambil follow up dan berusaha meyakinkan pihak kampus jika ini adalah program yang bagus, saya juga membuat paspor karena saya belum membuatnya sebelumnya.Nah, tips juga nih buat kalian, lebih baik bikin paspor dari sekarang apalagi pembuatan paspor sudah lebih dimudahkan yaitu dengan online. Jadi kita daftar online dulu, kalau saya melalui whatsapp dengan mengisi tanggal berapa kita akan datang ke kantor imigrasi terdekat. untuk pembuatan paspor melalui whatsapp, bisa search aja teman-teman. Dihari saya mengambil paspor saya yang sudah jadi, saya mendapat info dari pihak kampus bahwa dananya sudah turun dan bisa diambil di hari itu juga. Saat itu, ngga bisa berkata apa-apa, hanya bisa bersyukur kepada Allah SWT. Dalam hal ini, saya mendapatkan dana dari Departemen Matematika IPB. Saya tidak mempunyai banyak uang, tetapi saya punya keyakinan yang luar biasa terhadap keajaiban yang akan Tuhan berikan jika kita tetap berusaha dan berdoa. Saya sangat berterimakasih dan bersyukur bahwa ada support yang luar biasa dari kampus terutama departemen matematika FMIPA IPB.

Alhamdulillah akhirnya tanggal 18 Maret saya berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju KLIA(Bandara Malaysia). 18 - 19 Maret berada di Malaysia dan di tanggal 20 Maret menuju Singapura kemudian jam 5 sore peserta Asean Youth Leader Excursion kembali menuju kota masing-masing. Mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan bisa search langsung di website resmi Studec Internasional, karena dalam tulisan kali ini saya sharing mengenai tips mengikuti event internasional tetapi inti dari program adalah menambah wawasan dan mengasah kemampuan berwirausaha dan ilmu tentang leadership. Kesimpulan adalah yang pertama Cari Informasi mengenai acara yang kalian minati dan pihak yang menyelenggarakan, pastikan program yang teman-teman ikuti harus resmi dan terpercaya kemudian mulai mendaftar dan hubungi kontak yang ada untuk bertanya lebih lanjut baik program atau pembiayaan, jika Self atau Partially funded tetapi kalian tidak mempunyai banyak dana yang tersedia maka teman-teman harus berusaha mengajukan proposal baik ke perusahaan ataupun ke kampus kalian. Tidak hanya berusaha mencari dana melalui proposal, kalian juga harus tahu feedback apa yang bisa kalian berikan untuk pihak pemberi dana. Yakinlah jika kalian pasti bisa dan jangan lupa sharing ilmu yang sudah kalian dapat dari program tersebut. Keep fight and thank you, Good luck ! ACTION, DON'T JUST THINK AND SPEAK

Berikut beberapa dokumentasi
Twin Tower Malaysia
International University of Malaya Wales

Training and Motivation  Session

Merlion Park, Singapore

Bismillah, Semoga menginspirasi !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semarang kota kenangan

Jogja punya cerita