Gunung Bromo

Sebenernya pengalaman nge-trip ke gunung bromo udah lumayan lama sekitar satu tahun yang lalu, tapi tiba-tiba gue pengen bagiin cerita keseruan gue selama perjalanan ke Bromo di blog ini hehehe, semoga bisa dijadiin referensi kalian kalo mau ke bromo.

Awal cerita gue lagi di kampung inggris, Pare, Kediri bulan Juli 2018. Buat yang mau belajar dan mengasah kemampuan bahasa inggris kalian bisa daftar buat belajar disana, banyak  lembaga yang bisa kalian pililh dan banyak paket yang ditawarkan. Pokoknya yang lagi liburan atau yang memang berminat buat belajar bahasa inggris lebih dalam, kalian bisa langsung kesana atau biasanya ada daftar online dulu. Oke singkat cerita, H-seminggu gue selesai belajar di pare, temen kelompok gue disana ngajakin buat trip ke gunung bromo. Wah gue rasa ini bakal jadi pengalaman yang seru banget pastinya karna dari awal ke pare pun gue udah nambahin bromo ke bucket list liburan gue hehehe.

Rencana berangkat dari kediri sekitar jam 7 malem dan karna nunggu temen-temen yang lain akhirnya kita berangkat jam 8 malem, ya biasa lah yaa wkwkwk. Mobil kita sesekali berhenti di ind*mart, pom bensin, atau rest area buat istirahat sebentar sekalian biar pak supir ngga ngantuk hehehe. Alhamdulillah kita sampai di tempat jeep sekitar jam 3 pagi (ngga tau sebutannya apa tempat jeep disana tuh wkwk). Sebelum turun dari kendaraan yang bawa kalian dari kota asal sampe kesitu, kalian bakal disambut sama para pedagang kupluk, syal, jaket, dan teman-temannya :D yang berguna buat menghangatkan badan kalian, soalnya disana tuh dingin parah. Lanjut, akhirnya gue dan rombongan nyewa dua jeep untuk membawa kami ke puncak penanjakan (salah satu spot buat liat sunrise di Bromo), perjalanan sekitar 30-40 menit hingga akhirnya kita sampai di puncak penanjakan. Kita perlu berjalan lagi menaiki anak tangga yang lumayan membuat kaki pegel dan nafas kita tersengal (*uhuyy tersengal wkwk) hingga akhirnya sampe ke spot sun rise. Pas nyampe, ngga nyangka disana udah dipenuhi lautan manusia (eaaa lautan manusia) agak lebay si, tapi beneran... soalnya kita kesana weekend jadi timingnya kurang tepat, saran buat kalian kalo mau ke bromo mending pas weekday biar bisa nikmatin indahnya gunung bromo dan ngeliat cantiknya sunrise yang mulai menampakkan dirinya sekitar jam 5 mendekati setengah 6, gue agak lupa tepatnya jam berapa si sunrise ini muncul hehehe.

Perlahan sang surya muncul dari persembunyiannya (eaaa sok puitis nih gue wkwk) dan wow, it’s amazing... sungguh indah ciptaan Tuhan, disitu ngga hentinya gue mengucap syukur bisa liat itu semua karna jujur itu pengalaman pertama gue ngeliat sunrise langsung ya pas di bromo hehee(maklum lah yaa hehe). Nah sekitar jam 6-7 kita mulai pergi ke pasir berbisik. Buat kalian yang mau tau, kenapa dinamain pasir berbisik(?) gue pun kurang tau kenapa namanya kaya gitu, mungkin karena pasirnya suka bisik-bisik (?) hmmm. Dari pasir berbisik itu kita terbagi menjadi dua kelompok, ada yang tujuan akhir ke kawah bromo dan ke bukit teletubies. Kalo gue ke kawah bromo karena emang bener-bener pengen liat kawah bromo tuh seperti apa dan setelah turun dari jeep, kita ngga langsung bisa liat kawah bromo tapi harus jalan kaki dan menapaki anak tangga yang cukup menguras tenaga untuk mencapai puncak kawah bromo. Tapi semua perjuangan itu ngga sia-sia, pas nyampe puncak kita disuguhi pemandangan yang luar biasa wow hehee.

Kawah Gunung Bromo
Sekitar jam 10-11 siang kita kembali berkumpul dan menuju ke tempat kendaraan kami terparkir semalam untuk melakukan perjalanan pulang. Akhirnya setelah selesai sholat dzuhur kita pulang ke
kediri dan ngga lupa beli oleh-oleh di kota Batu, Malang. Nah sayangnya kita ngga sempet maen ke tempat wisata di Malang nihL,  Cuma mampir buat makan dan beli oleh-oleh... makanya gue berencana buat trip ke malang. Semoga terlaksana yaa biar bisa sharing disini hehehe

Terakhir gue mau ngasih satu pesan buat kalian dari perjalanan kali ini, “setiap perjuangan tidak akan ada yang sia-sia, semua akan terbayar sebesar berapa usaha kamu memperjuangkannya”. Begitu juga dengan hidup, kalo kalian punya impian yang pengen banget kalian raih, jangan pernah berhenti untuk tetap mencoba dan kerahkan semua usaha dan doa kalian didalamnya.